BHUMANDALA AWARD

Kota Yogyakarta pada tahun 2020 ini berhasil meraih 2 penghargaan Bhumandala Award, yaitu :

  1. Bhumandala Rajata, kategori Simpul Jaringan Geospasial;
  2. Bhumandala Kencana, kategori Geoportal terbaik.

Pemberian penghargaan ini bertepatan dengan peringatan hari Informasi Geospasial ke 51. Penghargaan ini diberikan BIG sebagai bentuk implementasi Perpres 27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Tahun 2020.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi bagi Pemerintah Daerah serta seluruh aspek masyarakat dalam pemanfaatan penggunaan Informasi Geospasial, yang memberi dampak yang besar dan positif bagi khalayak.

Sebagai salah satu pendatang baru pada Bhumandala Award 2020 Kota Yogyakarta sudah melakukan perkembangan yang sangat baik. Aspek kebijakan dipersiapkan dengan lengkap membuat keberlanjutan simpul jaringan ini cukup baik. Roadmap yang ada masih tergabung dalam roadmap smart city kedepannya perlu dibuat tersendiri sehingga terkait pembiayaan bisa terjamin. Kondisi SDM sudah cukup baik karena meskipun masih sedikit ASN yang berlatar belakang ilmu geospasial namun ditambah dengan tenaga kontrak agar simpul jaringannya dapat berjalan dengan baik.

Data Geospasial selain digunakan dalam penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDTRK), juga digunakan untuk analisis alih fungsi penggunaan lahan, memetakan kawasan pusat pertumbuhan, kawasan metropolitan dan kawasan rawan bencana.