Diseminasi Tata Kota: Digitalisasi Informasi Tata Ruang Kota Yogyakarta

Selasa, 16 Juli 2024 Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kota Yogyakarta menyelenggarakan Diseminasi Tata Kota: Digitalisasi Informasi Tata Ruang Kota Yogyakarta dengan narasumber Dr. Eng. Muhammad Sani Roychansyah, S.T., M.Eng. Kegiatan diikuti oleh peserta dari internal Dinas Pertanahan dan Tata Ruang serta peserta mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi, yaitu UGM, Undip, UTY, Unisa, dan ITNY.  Kegiatan ini dibuka dan dipandu oleh Kepala Bidang Tata Ruang, Pamungkas, S.T., M.T.

Pada kesempatan kali ini Dr. Eng. Muhammad Sani Roychansyah, S.T., M.Eng. menyampaikan materi dengan judul Tipe dan Pilihan Model Kota Informatif: "Smarter Jogjakarta"? Dalam hal ini beliau menyampaikan materi konsep kota cerdas di Indonesia, aspek konektivitas, inklusivitas, dan kopleksitas yang mampu dipenuhi serta keefektifan peran sosial media dalam arah pengembangan kebijakan pemerintah di Kota Yogyakarta.

Perlu diketahui bahwa pada tahun 2015 Kota Yogyakarta menempati peringkat pertama dalam Penganugerahan Kota Cerdas bersama Surabaya dan Kota Magelang. Dalam hal ini Yogyakarta  mampu memenuhi beberapa kriteria kota cerdas di antaranya mampu melayani, dan memnuhi kebutuhan warganya secara efektif, efisien, dan berkelanjutan.

Diseminasi kali ini menghadirkan peserta dari kalangan mahasiswa / akademisi sebagai salah satu bentuk pembinaan tata ruang kepada semua kalangan. Melalui diseminasi ini diharapkan informasi dan kebijakan terkait tata ruang di Kota Yogyakarta dapat diketahui oleh masyarakat lebih luas.