Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Agraria dan Tata Ruang Kota Yogyakarta melalui Lomba Hantaru 2024

Rabu, 9 Oktober 2024 Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala Sarta Tata Sasana) Kota Yogyakarta kembali menyelenggakan Lomba Hantaru di Tahun 2024. Selain bertujuan untuk memeriahkan Hari Agraria dan Tata Ruang 2024, Lomba ini juga ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian kepada masyarakat terkait masalah agraria dan tata ruang khususnya di Kota Yogyakarta.

Dalam Jumpa Pers Hari Agraria dan Tata Ruang 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo dan Persandian Kota Yogyakarta, Kepala Bidang Tata Ruang, Pamungkas, S.T.M.T yang hadir sebagai narasumber dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala Sarta Tata Sasana) Kota Yogyakarta menekankan bahwa, kegiatan Lomba Hantaru ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sejak tahun 2022. Rangkaian kegiatan peringatan Hantaru yang dilakukan oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala Sarta Tata Sasana) Kota Yogyakarta yakni menyelenggarakan beberapa lomba, diantaranya lomba esai, poster, video reels, dan desain kawasan dengan tema "Hijau Kampungku, Lestari Jogjaku". 

Tema tersebut sejalan dengan Kota Yogyakarta yang mempunyai kawasan inti pelestarian di mana Kota Yogyakarta memiliki 1/3 kawasan pelestarian. Selain itu, melalui tema ini harapannya dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya ruang hijau di Kota Yogyakarta. Pemilihan Kampung sebagai objek berdasar pada beragamnya kampung yang memiliki ciri khas yang berbeda di Kota Yogyakarta. Pemilihan "Hiijau Kampung" berlandas pada kajian yang sebelumnya telah dilakukan terhadap kampung-kampung di Kota Yogyakarta yang konsep pengembangan kampung hijau seperti, Kawasan Baciro dan Kawasan Kotabaru.

Hal yang berbeda pada Lomba Hantaru tahun ini dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya adalah tidak adanya lomba fotografi, tetapi diadakan lomba Gagasan Desain Kawasan dengan total hadiah sejumlah Rp. 70.000.000. untuk 4 kategori lomba dengan 5 pemenang di masing-masing kategori.